30 Okt 2009

idup...

Sedikit intermezo tentang idup. Mengingatkan saya sama masa kecil yang cukup menghebohkan. Lahir di Jakarta, tepatnya di R.S Cempaka Putih pada 24 Juli 1992. Saya bayi hanya cengengesan dan sesekali menangis ketika dibopong enyak (mama-red). Yah, gak ada yang istimewa. Proses kelahiran lancar dan manual tanpa operasi caesar dan tetek bengek lainnya. Hanya saja, orang tua saya belum kepikiran mau ngasih nama apa ke ni bayi.
Satu minggu berlalu. Si bayi masih tetep cengengesan, sehat dan tanpa nama. Aneh ?


Usut punya usut ternyata enyak ama babe saya punya perjanjian. Kalo yang lair cewek, babe saya yang kasih nama. Kalo yang lair cowok, yang kasih nama enyak saya.

Enyak si ngakunya udah punya ide sendiri. Tapi, celakanya. Babe saya itu udah pede banget kalo bayinya bakal lair cowok. Jadi, beliau gak begitu mikirin soal nama.

Ternyata eh ternyata ! Yang lair bayi waria. Halah, bukan !

Jadi deh. Tiap hari si bayi cuma dipanggil "bayi no name".

Lalu setelah pergulatan sengit dan adu panjang-panjangan mulut. Akhirnya saya dikasih nama juga. Yaitu....JENG JENG JENG

SANDYA PRAKASIWI


Nama yang saya anggap sangat briliaant !!!! Walaupun sebenernya saya gak tahu persis apa arti nama saya. Oneng !!!!!!


Saya balita gak pernah mewek (kata enyak saya loh). Tempat tinggal selama balita selalu berpindah-pindah. Gara-gara babe saya "kontraktor" (tukang ngontrak-red). Yeah, tau sendiri kan susahnya idup di kota.

Pernah tinggal di Cempaka Putih, Pulogadung, Bekasi, terus di kolong jembatan (oh..no Shut Up ! Bukan)

Nah, di Bekasi inilah saya tinggal cukup lama. Menghabiskan masa SD dengan tenang. Panjat-panjat pohon ama anak tetangga yang konyol-konyol. Sepedaan ampe dengkul bonyok dan penuh luka. Ngumpulin buah kecapi yang rasanya udjubilee aseeem. Dan nggangguin anjing orang ampe yang punya kesel (untung gak di lepas tu Herder dari rantainya).

Gak punya prestasi apa-apa di SD N Jakasampurna II Bekasi selain jago ngewer --kebelet pipis trus kebablasan di celana-- ama jadi tukang ngejailin orang. Malah bangga waktu dapet nilai 4 di pelajaran Matematika kelas 2. Tapi tentunya gak buat enyak saya. Heher..

Pernah nyiramin AQUA satu botol penuh ke tas temen cowok yang nyebelin (waktu kelas 1), pernah naik-naik meja sambil tereak-tereak., sering nyubitin temen sekelas yang orang Arab ( Sheila, maapin ya )

Dan, habitual actions itu gak pernah ada lagi sejak saya ngikut orangtua boyong ke Purwokerto.
Sempat gak terima. Tapi, mau gimana lagi. Ngerasain atmosfer lain sebagai anak baru di SD N Tambaksogra I. Waktu pertama kali dateng, gak ngerti mau ngomong apaan. Bahasa-bahasanya aneh. Padahal saya ngertinya cuma 'lu lu gue gue'. Sering diketawain ama temen-temen gara-gara gak ngerti bahasa ngapak + salah ngomong. Dapet angka 5 di rapor gara-gara bahasa jawa ( boro-boro bahasa jawa, bahasa sunda yang notabene jadi bahasa wajib di Bekasi aja saya gagap). Memalukan !!!!!
kemudian, bisa beradaptasi sangat baik dengan lingkungan. Akhirnya saya bisa sedikit membungkam mulut teman-teman dengan kata-kata ngapak (bangga nian). Saya meraih peringkat 1 dengan nilai telak alias jauh dari peringkat 2 nya dan dari rata-rata temen sekelas.

Lalu, karena enyak menyadari potensi saya sebagai anak yang sedikit berbakat (hahaha.. lebai gue) maka beliau memerintahkan ssaya untuk pindah sekolah (lagi ?) ke SD N Purwokerto Lor III. Sedikit gak terima (lagi?) tapi gak bisa protes. So, saya nyiapin amunisi buat menghadapi suasana baru mirip game Marine Heavy Gunner "Get amo from Sanchez".

Punya sedikt prestasi disini plus langganan juara kelas. Lulus dari SD dengan predikat terbaik sehingga digadang-gadang masuk SMP N 8 Purwokerto. Asal iyain aja. Padahal gak begitu semangat. Pengennya si kalo bisa balik lagi ke Bekasi ato Jakarta.

Dateng telat pas tes masuk smp nya tapi alhamdulillah berhasil lolos tes. Jadi penunggu SMP N 8 Purwokerto selama 3 taun tanpa menghasilkan apa-apa. Dateng ke sekolah cuma buat ngobrol. Waktunya pulang ya pulang. Ulangan ya ulangan. Menjadi anak yang sangat santai menjalani hidup. Tapi tetep masuk 10 besar di kelas. Saya sendiri juga heran. Padahal kayaknya saya itu yang paling bego diantara yang lain-lainnya.

Di smp jadi orang aneh. Gak punya semangat idup (lebay akut). Saking gak punya semangat sama sekali akhirnya dikira mayat idup ama temen-temen. Untung ada dua orang yang masih mau temenan ama saya. Namanya Chanwul ama Naluh.

Lulus smp dengan sukses dan tanpa hambatan yang berarti. Dan memutuskan buat ndaptar SMA N 4 Purwokerto. Sempat ditentang ama beberapa anggota keluarga. Kata mereka, "Dasar aneh. Kamu gila ya, Ndi ? dengan nilai segitu si kamu daftar SMA 1 aja keterima."

Ckckckck...tapi akhirnya mereka berhenti protes dan membiarkan saya ngejogrog  di SMA 4.

Di sma inilah saya mulai sedikit semangat. Life goes on, pal ! Gak tahu kenapa, saya ngerasa kalo saya gak salah pilih sekolah. Jadilah saya orang yang paling semangat buat sekolah. Jadi orang paling rajin sedunia gaib. Menemukan temen-temen paling asyik. hahahaha....

Semasa sma dapet peringkat 1 paralel berturut-turut dari kelas X-XII. ya, lumayan buat bangga-bangga. Alhamdulillah, saya berhasil merampungkan sekolah pada tanggal 13 juni 2009 walaupun sempet nangis darah gara-gara mapel Matematika yang di-UAN-kan.


Memang gak akan ada yang tahu jalan hidup seseorang bakalan kayak apa kecuali Tuhan. Saya juga masih bertanya-tanya. 'Kemana lagi Tuhan akan membawa saya ?' atau 'Apa rencana Tuhan selanjutnya ?'.

Yeah, No One Knows.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sila tinggalkan jejak di sini. Cuap-cuap asal gak mengandung SARA juga diperbolehkan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...